Class pada Java
Bentuk umum :
class classname extends superclassname {
type instance-variabel1;
type instance-variabel2;
type instance-variabelN;
konstruktor(parameter-list){
}
type methodname1(parameter-list) {
method-body;
}
type methodname2(parameter-list) {
method-body;
}
}
Pendeklarasian class paling sederhana
class
deklarasi tersebut otomatis akan bersifat :
non public
non abstract
non final
non extends
Kemungkinan pendeklarasian class pada Java :
public
abstract
final
class
extends
implements
{
}
public
class tersebut dapat digunakan oleh class lain (baik dari package yang sama atau package berbeda)
abstract
class tersebut tidak dapat diinstansiasi menjadi sebuah object Java
final
class tersebut tidak akan dapat diturunkan lagi menjadi class turunan yang lain
class
untuk mendeklarasikan nama class
extends
untuk mendeklarasikan class turunan dari class lain
implements
untuk mendeklarasikan sebuah class yang akan mengimplementasikan satu atau lebih interface Java
Deklarasi class body pada Java
Bagian utama dari sebuah class :
Konstruktor : untuk inisialisasi object
Variable : sebagai state dari class dan object
Method : fungsi/prosedur
Konstruktor
Untuk inisialisasi object =>
mengalokasikan sejumlah memori dari komputer sesuai kebutuhan struktur data yang digunakan
Keberadaan konstruktor bersifat opsional
Nama konstruktor harus sama dengan nama class
Konstruktor dari sebuah class boleh lebih dari satu. Karena nama konstruktor sama, maka bedanya hanya pada parameter kontruktor saja => constructor overloading
super() => menggunakan konstruktor milik class induk
Letak super() harus pada baris pertama konstruktor class tersebut
Variabel dan Method
Pendeklarasian variabel sama seperti pendeklarasian pada class biasanya, yaitu : type_data nama_var
Bentuk umum pendeklarasian method :
Kata kunci penting dalam body sebuah method :
this, mengacupada obyek yang sedang diproses (obyek bersangkutan)
super, mengacu pada obyek induk dari obyek yang sedang di proses
You Need Translate ??? Use This
Pengembangan Aplikasi Mobile Dengan J2ME
Labels
- Algoritma dan Pemrograman (5)
- Analisa dan Sistem Desain (1)
- Basis Data (2)
- Dasar Manajemen (1)
- Desain Antarmuka (5)
- Kepariwisataan (2)
- Komunikasi Data (8)
- Lain-Lain (17)
- Pemodelan Berorientasi Objek (7)
- Pemodelan Sistem (1)
- Pemrograman Client-Server (1)
- Pemrograman Java (9)
- Pemrograman VB 2005 (1)
- Pemrograman Web (1)
- Pengantar Teknologi Informasi (10)
- PTC (Paid To Click) (53)
- Rekayasa Perangkat Lunak (3)
- Sistem Digital (1)
- Sistem Jaringan Komputer (5)
- Sistem Operasi (35)
- Tips dan Triks (18)
Sekilas Tentang Linux.
Tukeran Links Yuks
Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali

Banner Friends
Class dan Mehod
Labels: Pemrograman Java
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment