Input Device
keyboard
media penyimpan data (HDD,disket, CD, flash disk)
Output Device
monitor
printer
media penyimpanan data
Transfer Data
Konsep aliran data dalam Java => Stream
Stream digunakan untuk menangani perpindahan data dari memory ke device/bagian input/output dan sebaliknya.
Transfer data perpindahan byte atau karakter yang akan membentuk suatu file.
Dalam Java, proses transfer ini ditangani oleh package java.io
Bekerja dengan file
Membuat objek file dari kelas File
File finput = new File(“C:\latihan\input.dat”);
File foutput = new File(“C:\latihan\output.dat”);
Mengasosiasikan objek file dengan objek stream
FileInputStream fis = new FileInputStream(finput);
FileOutputStream fos = new FileOutputStream(foutput);
Memasukkan objek stream ke buffer [optional]
BufferedInputStream bufIn = new BufferedInputStream(fis);
BufferedOutputStream bufOut = new BufferedOutputStream(fos);
Membaca atau mengirimkan data ke objek stream atau buffer
int dataMasukan = fis.read();
fos.write(dataMasukan);
Menutup objek stream atau buffer dan objek lain
fis.close();
fos.close();
bufIn.close();
bufOut.close();
finput.close();
foutput.close();
Langkah – langkah diatas adalah langkah umum, class stream yang digunakan dapat berbeda sesuai keperluan
Bekerja dengan Command Console
menuliskan String ke console => print() dan println() dari class System
Membaca data dari console tidak sesederhana menampilkan data ke layar monitor
Langkah – langkah membaca data dari console :
Membuat objek dari kelas InputStreamReader
InputStreamReader dataIn = new InputStreamReader(System.in);
Menampung objek stream ke buffer
BufferedReader bufIn = new BufferedReader(dataIn);
Membaca data dari objek stream
String data = bufIn.readLine();
=>menghasilkan nilai String, sehingga harus dilakukan parsing data jika menginginkan nilai dengan tipe data lain
=>misal: modifikasi kasus balok dengan inputan user
Stream
Stream => aliran data
berupa aliran byte atau karakter, dari input device ke output device pada saat program eksekusi
Ada 2 macam stream :
Byte => membawa data berupa nilai integer dengan range 0 – 255
Character => membawa data berupa teks (representasi karakter ASCII dan unicode)
Class – Class Stream
File Stream
Digunakan saat membaca atau menulis dari dan ke dalam file
Format byte
Class yang digunakan : FileInputStream & FileOutputStream
Character Stream
Merepresentasikan karakter ASCII atau Unicode dari suatu file text
Class yang digunakan : File Reader & FileWriter
PrintStream
Agar stream byte dapat disimpan dalam bentuk nilai
Class yang digunakan : PrintStream & PrintWriter
Filter Stream / Data Stream
Untuk memperlakukan aliran data bukan sebagai aliran yang merepresentasikan byte atau karakter, melainkan sebagai tipe data primitif
Untuk memfilter format stream byte menjadi format tipe data primitif
Class yang digunakan : DataInputStream & DataOutputStream
Buffered Stream
Untuk mengefisiensikan proses baca/tulis stream
Class yang digunakan :
BufferedInputStream & BufferedOutputStream untuk class FileInputStream & FileOutputStream
BufferedReader & BufferedWriter untuk class DataInputStream, DataOutputStream, FileReader dan FileWriter
try {
FileWriter fw = new FileWriter(nama);
BufferedWriter bw = new BufferedWriter(fw);
bw.write("=====Data Balok=========\n");
bw.write("Panjang : "+String.valueOf(pj)+"\n");
bw.write("Lebar : "+String.valueOf(lb)+"\n");
bw.write("Tinggi : "+String.valueOf(tg)+"\n");
bw.write("Volume : "+String.valueOf(getVolume()));
bw.close();
fw.close();
}catch(IOException io) {
System.out.println("eror io : "+io.getMessage());
}
try {
FileReader fr = new FileReader(nama);
BufferedReader bfr = new BufferedReader(fr);
String isiFile = null;
System.out.println("Isi file " + nama + " :");
System.out.println("---------------");
while ((isiFile = bfr.readLine()) != null) {
System.out.println(isiFile);
}
bfr.close();
fr.close();
}catch(IOException io) {
System.out.println("eror io : "+io.getMessage());
}
file java input/output lainnya,,maybe sama,,hehe
You Need Translate ??? Use This
Pengembangan Aplikasi Mobile Dengan J2ME
Labels
- Algoritma dan Pemrograman (5)
- Analisa dan Sistem Desain (1)
- Basis Data (2)
- Dasar Manajemen (1)
- Desain Antarmuka (5)
- Kepariwisataan (2)
- Komunikasi Data (8)
- Lain-Lain (17)
- Pemodelan Berorientasi Objek (7)
- Pemodelan Sistem (1)
- Pemrograman Client-Server (1)
- Pemrograman Java (9)
- Pemrograman VB 2005 (1)
- Pemrograman Web (1)
- Pengantar Teknologi Informasi (10)
- PTC (Paid To Click) (53)
- Rekayasa Perangkat Lunak (3)
- Sistem Digital (1)
- Sistem Jaringan Komputer (5)
- Sistem Operasi (35)
- Tips dan Triks (18)
Sekilas Tentang Linux.
Tukeran Links Yuks
Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali

Banner Friends
File Input/Output
Labels: Pemrograman Java
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment