Application
program yang dapat dijalankan dari command prompt suatu sistem operasi.
Application yang berdiri sendiri dapat berupa window-based application atau console application
Applet
program java yang dieksekusi di dalam web page
Konsep Object Oriented
Obyek, memiliki karakteristik sbb :
State : suatu kumpulan atribut dan nilai dari suatu atribut.
Behaviour : perubahan pada atribut setelah jangka waktu tertentu
Contoh : obyek manusia.
Atribut => tangan, kaki, mata, hidung.
Behaviour => berlari, berjalan, makan, minum, dsb.
Pada perangkat lunak, obyek menyimpan atribut-atributnya dalam variabel, dan menyimpan informasi behaviour dalam method atau fungsi/prosedur.
Kelas => kumpulan obyek yang memiliki atribut dan behavior yang sama
Kelas dipakai untuk mendefinisikan atribut-atribut dan behaviour sesuatu secara umum, dan objek adalah instant (perwujudan) dari class
Contoh : obyek elang, merpati, gagak dapat dikelompokkan menjadi class burung
Obyek dapat saling berkomunikasi dengan saling mengirimkan/menerima pesan
Kode untuk mendeklarasikan class dalam Java
public class
=>keyword public bersifat optional
Enkapsulasi
pembungkusan variabel-variabel dan method-method dalam objek dan terlindungi oleh hak-hak akses yang sudah ditentukan
Manfaat enkapsulasi
Modularitas
Maintenance source code dari sebuah objek dapat dilakukan secara independen, tidak ada ketergantungan terhadap objek-objek lain
Information hiding
Dengan adanya penentuan hak akses atas variabel dan method dalam objek, maka kita bisa menyembunyikan informasi yang tidak perlu diketahui oleh objek lain
Tipe Data
Tipe data sederhana
Tipe data numerik
byte
short
int
long
float
double
char
Tipe data boolean
tipe data untuk besaran logika, hanya memiliki dua kemungkinan nilai, true atau false
Tipe data array
kumpulan variabel dengan tipe sejenis dengan nama yang sama
Contoh pendeklarasian dari variabel dengan tipe “array of int”:
int vektor[];
Index array dimulai dari 0 (nol).
Untuk mengalokasikan 3 buah integer ke dalam array:
vektor = new int[3];
Untuk mengisi elemen-elemen array :
vektor[0] = 4;
vektor[1] = 3;
vektor[2] = 7;
Atau cara lain untuk inisialisasi sebuah array :
int vektor[] = {4, 3, 7};
String
String adalah urutan karakter
String pada Java disusun oleh package Java.lang yaitu pada class String
Penciptaan String :
String s = new String(); => membuat string kosong
String s1 = new String(“coba”);
String s2 = “java”;
dll
Penggabungan string dapat dilakukan dengan operator +
Contoh : String s3 = “pemrograman ” + s2 + “ dasar”;
Beberapa method untuk class String
equals => perbandingan 2 buah string
length => jumlah karakter pada string
substring =>menyaring string
concat =>penggabungan string
replace => mengganti karakter sebuah string pada index tertentu
trim => memotong bagian kosong di depan di belakang String
Download juga file latihan ini.
Object Based Programming.pdf
You Need Translate ??? Use This
Pengembangan Aplikasi Mobile Dengan J2ME
Labels
- Algoritma dan Pemrograman (5)
- Analisa dan Sistem Desain (1)
- Basis Data (2)
- Dasar Manajemen (1)
- Desain Antarmuka (5)
- Kepariwisataan (2)
- Komunikasi Data (8)
- Lain-Lain (17)
- Pemodelan Berorientasi Objek (7)
- Pemodelan Sistem (1)
- Pemrograman Client-Server (1)
- Pemrograman Java (9)
- Pemrograman VB 2005 (1)
- Pemrograman Web (1)
- Pengantar Teknologi Informasi (10)
- PTC (Paid To Click) (53)
- Rekayasa Perangkat Lunak (3)
- Sistem Digital (1)
- Sistem Jaringan Komputer (5)
- Sistem Operasi (35)
- Tips dan Triks (18)
Sekilas Tentang Linux.
Tukeran Links Yuks
Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali

Banner Friends
Java Dasar
Labels: Pemrograman Java
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment