Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstanisasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class menggambarkan keadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut (metode/fungsi). Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dan lain-lain.
Class memiliki tiga area pokok :
- Nama (dan stereotype)
- Atribut
- Metode
Atribut dan metode dapat memiliki salah satu sifat berikut :
- Private, tidak dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan
- Protected, hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya
- Public, dapat dipanggil oleh siapa saja
1. Subsystem
Sedangkan suatu package adalah suatu mekanisme umum untuk mengorganisir element-element model, suatu subsistem menggambarkan suatu unit tingkah laku di dalam sistem fisik.
2. Class
Suatu class adalah mendeskripsikan untuk satu set object dengan struktur serupa, perilaku/behavior, dan hubungan/relation.
3. Interface
Suatu interface adalah untuk menspesifikasikan suatu externally-visible operasi suatu kelas, komponen, atau lain penggolong/classifier ( mencakup subsistem) tanpa spesifikasi dari struktur internal.
4. Signal
Signal adalah suatu yang menggambarkan spesifikasi dari asynchronous stimulus yang berkomunikasi antar kejadian.
5. Exception
Suatu Exception adalah suatu isyarat yang diangkat oleh behavior dalam suatu ketika terjadi kesalahan.
6. Port
Port adalah suatu struktural suatu peng-class-an yang menetapkan suatu interaksi beda yang menunjukan antara peng-class-an dan lingkungannya atau antara ( perilaku) peng-class-an dan bagian internal nya.
0 comments:
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Post a Comment