Praktek General Perangkat Lunak

Apakah praktek PL?
Praktek adalah rentetan konsep yg luas, prinsip, metode dan tools yang harus diperhatikan dalam perencanaan dan pembangunan perakat lunak. Praktek juga merepresentasikan detail dari perhatian teknis bagaimana proses perangkat lunak dilaksanakan.
Pokok dari Praktek Perangkat Lunak.
Pokok dari praktek perangkat lunak menurut George Polya, in a book written in 1945 mengemukakan:

  1. Mengerti suatu masalah (communication & analysis)
  2. Merencanakan & solusi (modeling & software design)
  3. Menjalankan rencana (code generation)
  4. Mengevaluasi hasil (testing & quality)

Praktek RPL
Kerangka kerja proses general yang menjadi perhatian RPL:
  • Communication (komunikasi)
  • Planning (perencanaan)
  • Modeling (pemodelan)
  • Construction (konstruksi)
  • Deployment (penyebaran)

Prinsip praktek komunikasi
  • Mendengarkan
  • Persiapan sebelum berkomunikasi
  • Fasilitas komunikasi
  • Tatap muka (face-to-face) adalah yang terbaik
  • Pencatatan dan keputusan dokumen
  • Berkolaborasi dengan pelanggan
  • Tetap Fokus
  • Buat gambar ketika sesuatu tidak jelas
  • Tetap bergerak
  • Negosiasi akan berjalan dengan baik jika kedua belah pihak menang

Prinsip Praktek Perencanaan
  • Mengerti batasan proyek
  • Menlibatkan pelanggan
  • Menyadari bahwa perencanaan bersifat iteratif
  • Mengestimasi berdasarkan apa yang kita ketahui
  • Memperhatikan resiko
  • Tetap realistis
  • Tentukan bagaimana kualitas akan diperoleh.
  • Tentukan bagaimana mengakomodasi perubahan
  • Telusuri (track) apa yang telah direncanakan

Praktek Pemodelan
Kita membuat model untuk lebih meningkatkan pengertian kita pada entitas aktual yg akan dibuat. Model Analisis merepresentasikan keinginan pelanggan dng memilah perangkat lunak menjadi 3 domain yaitu: informasi, fungsi dan behavioral. Model design merepresentasikan karakteristik (sifat) dari perangkat lunak sehingga dapat membantu praktisi untuk membangun secara efektif detail pd level: Arsitektur. User Interface dan Komponennya.

Praktek Konstruksi
Sebelum menulis code kita perlu:
  • Mengerti problem yang akan kita coba selesaikan
  • Mengerti prinsip dasar konsep dan desain
Ambil bahasa pemrograman yang cocok dengan keperluan perangkat lunak yg dibuat dan lingkungan kerjanya. Pilih lingkungan pemrograman yg menyediakan tools untuk membuat kerja lebih mudah. Buat unit-unit test yang diterapkan ketika semua komponen kode rampung semua.

Praktek Penyebaran
Atur ekspektasi pelanggan di tiap iterasi. Paket delivery (pengiriman) yang telah selesai harus di assembly (dirakit) dan di test. Instruksi manual harus tersedia untuk pengguna akhir (end user)
Software bug harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum dikirim nantinya.

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © artikel39