PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK

Pemodelan adalah deskripsi lengkap mengenai satu sistem dari perspektif tertentu. Model adalah representasi abstrak dari sistem, dibangun untuk memahami sebelum dilakukan pembangunan atas sistem tersebut. Alasan utama membangun model adalah agar kita dapat memahami sistem yang akan dikembangkan secara lebih baik.

Tujuan Model
Analis sistem menggunakan pemodelan untuk :
1. Fokus pada fitur – fitur sistem penting
2. Membahas perubahan dan koreksi kebutuhan pembeli dengan ongkos yang murah dan resiko minimal
3. Memverifikasi pemahaman analisis sistem terhadap lingkungan pemakai.

Prinsip-prinsip Pemodelan
Prinsip-prinsip dalam pemodelan adalah :
1. Pemilihan model-model yang hendak dibangun berpengaruh pada cara penanganan masalah dan solusi yang dibentuk.
2. Setiap model dapat diekspresikan pada level presisi yang Berbeda.
3. Model-model yang bagus adalah terhubung dengan kenyataan.
4. Tidak ada satu model tunggal yang mencukupi. Setiap sistem kompleks didekati dengan sejumlah model yang hampir independen.

Model yang dapat digunakan :
1. Akurat
Model-model mendeskripsikan sistem yang dibangun secara benar
2. Konsisten
Pandangan-pandangan berbeda tidak mengekspresikan hal hal yang saling bertentangan
3. Mudah dikomunikasikan
4. Mudah diubah
5. Dapat dipahami: sesederhana mungkin, tetapi tidak disederhanakan

Pemodelan Statik dan Dinamis
Pemodelan statik dan dinamis penting dalam memodelkan program. Model statik menyediakan kerangka dan fasilitas yang memungkinkan model dinamis beroperasi. Model dinamis menspesifikasikan perilaku yang diperlukan dimana model statik harus mendukungnya. Pada pendekatan berorientasi objek meletakan model statik dan dinamis dengan sama rata. Model Statik Utama. Pemodelan statik utama pada pemodelan berorientasi objek disebut model objek. Model objek menangkap struktur statis sistem dengan menunjukan objek-objek didalam sistem, hubungan antar objek, atribut-atribut dan operasi-operasi yang mencirikan kelas objek. Maksud pemodelan objek adalah untuk mendeskripsikan objek-objek dan kelas-kelasnya. Pemodelan objek dilakukan dengan menggunakan diagram kelas dan diagram objek. Tujuan membangun model objek adalah menangkap konsep-konsep dunia eksternal yang penting untuk aplikasi.

Pemodelan Beragam Pandangan (View)
Berikut ini adalah beragam pandangan yang didukung oleh
UML:

Pemodelan beragam pandangan merupakan pemodelan sistem secara simultan dari beragam dimensi.
Diagram – diagram pada UML dapat digunakan untuk memodelkan sistem dari beragam pandangan, yaitu :
1. Pandangan Use-Case
Digunakan:

a. Diagram use-case
b. Diagram aktivitas untuk menyatakan pemodelan perilaku
2. Pandangan Rancangan
Digunakan:

a. Diagram kelas untuk pemodelan struktur
b. Diagram interaksi untuk pemodelan perilaku
c. Diagram statechart untuk pemodelan perilaku
3. Pandangan Proses
Digunakan:

a. Diagram kelas untuk pemodelan struktur
b. Diagram interaksi untuk pemodelan perilaku

4. Pandangan Implementasi
Digunakan:

a. Diagram Komponen

5. Pandangan Deployment
Digunakan:

a. Diagram Deployment

1 comments:

Anonymous said...

Nice info gan....
PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK nya di banyakin lagi gan... kalo bisa tambahin materi UML juga gan... thanks...
CMB

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © artikel39